JoomlaLock.com All4Share.net
Batang Resam Bernilai Ekonomis
ANYAMAN : Piring cantik dan anti pecah yang terbuat dari batang resam atau pohon pakis kini menjadi salah satu kerajinan lokal Merangin. Tampak berbagai pilihan piring dari batang resam yang ditampilkan saat Jambore PKK di Merangin. Wahyuni Omega/Bangko Independent

 

MERANGIN – Keberadaan potensi tumbuhan ternyata mampu bernilai ekonomis. Hal itu jika dikelola dengan baik oleh warga yang memiliki kreativitas.

            Buktinya asat ini kerajinan dengan bahan baku Batang Resam atau pohon pakis ini mampu bernilai ekonomis ditangan pengrajin dari Desa Pulau Rengas Ulu Kecamatan Bangko Barat.  Hasil dari pengelolaannya menghasilkan nilai bisnis yang menjanjikan yakni seperti piring, tempat buah dan lainnya. 

Pengrajin Batang Resam yakni Seprianti mengatakan bahan alam berjenis pohon Paku atau Pakis bisa dijadikan kerajinan yang memiliki nilai seni dan nilai jual. Pihaknya membuat kerajinan dari Batang Pakis atau Resam dengan cara menganyam.

"Kerajinan tangan Resam dari bahan baku batang Pakis ini setelah dianyam menghasilkan produk nilai jual yang cukup lumayan. Ditambah dengan hasil seni yang menarik," jelas wanita yang akrab disapa Sepri.

Selanjutnya untuk mendapatkan batang Pakis ini, dia menyebutkan tak begitu terkendala.  Sebab bahan baku tersebut tumbuh subur di wilayah Desa Pulau Rengas Ulu.

"Batang Resam ini mudah kita dapatkan karena tumbuh disemak seperti kebun karet, sawit atau di rawa," ujarnya. 

Sementara itu, untuk pengelolaannya pihaknya hanya cukup mengupas batang tersebut dari kulitnya. Setelah dikupas maka dapat dianyam menjadi berbagai produk seperti piring, tudung saji, pas bunga, dompet dan pernak-pernik lainnya. "Pengerjaan ya mudah. Kita ayam sesuai kedinginan kita membuat jenis produk. Dengan catatan batang tersebut masih dalam keadaan basah atau lembar agar mudah untuk dibentuk ya," tegas Seprianti. 

Sementara, dari hasil anyaman itu, saat ini Sepri menjual produk ersebut di daerah Kota Bangko. Nilai jual yang diberikan sangat ekonomis, lebih beruntung lagi apabila mendapatkan pesanan untuk acara pernikahan. "Untuk piring satunya Rp 10 Ribu. Kalau untuk pas bunga dan tudung saji Rp 40-50 Ribu. Karena tergantung ukuran besar atau kecil, " tuturnya.  (mg01) 

 

Bagikan ke Medsos !