JoomlaLock.com All4Share.net
Baru 70 Bisnis Kuliner Kantongi Izin
Jangcik Mohza

 

BANGKO – Keberadaan bisnis kuliner di Merangin ternyata masih 70 persen yang mengantongi izin. Hal ini sesuai dengan data yang ada di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Merangin.

Kepala DPMPTSP TK Jangcik Mohza memberikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya untuk memenuhi indikator kesejahteraan dengan munculnya tempat kuliner. Terkait dengan bisnis kuliner yang ada di Merangin, saat ini tercatat 70 persen yang sudah memiliki Situ secara resmi.

    “Banyaknya tempat-tempat makan dan kuliner menunjukan tingkat kesejahteraan masyarakat sudah cukup bagus, tetapi bagi beberapa tempat yang mengurus izin kami menghimbau kepada pemilik usaha segera urus izin tanpa pungut biaya,” jelasnya.

Dijelaskan pada pengurusan surat izin tidak ada pungut biaya. Hanya saja ada pajak retribusi daerah. Jika sesuai dengan dengan persyaratan surat izin bisa diterbitkan.

    “Apapun usaha mereka lakukan urus izin dengan persyaratan dan hanya bayar pajak retribusi daerah sesuai dengan peraturan. Awal membuat surat izn yang tentunya sudah mendapatkan rekomendasi dari kecamatan dengan nama Situ sesuai dengan modal usaha. Langkah selanjutnya rekomendasi teknis khusus untuk usaha kuliner dari dua instansi yakni Dinas Kesehatan dan Disparpora sesuai dengan kelayakan,” tuturnya.

Kedepan pihak DPMPTSPTK menghimbau bagi pengusaha kuliner atau bisnis tidak takut untuk membuat surat izin. “Pemahaman selama ini bahwa mengurus izin akan mengeluarkan biaya yang besar. Tetapi itu tidak benar. Dengan adanya mengurus surat izin juga membantu pengusaha lebih maju dan terpercaya baik dimata masyarakat atau pemerintahan,” tuturnya. (mg01)

 

Bagikan ke Medsos !