JoomlaLock.com All4Share.net

WEB M Alharis revisi

Parpol Belum Bersikap Soal Dukungan di Pilkada
Dok/Radarsarko

 

BANGKO – Usainya tahapan penjaringan Calon Kepala Daerah (Cakada) untuk Pilkada Merangin tahun 2018, kini sejumlah Partai Politik (Parpol) mulai disibukan dengan aktivitas penyerahan berkas Cakada ke tingkat pengurus pusat.

Ternyata tidak semua berkas pendaftaran Cakada yang dikirimkan  pengurus Parpol di daerah ke pengurus pusat. Hal ini tentunya sesuai dengan mekanisme penjaringan yang dilakukan oleh pengurus parpol di tingkat Kabupaten dan Provinsi. Saat ini beberapa partai besar yang menguasai kursi di DPRD Merangin mulai gencar menembus pengurus DPP.

Meski demikian, belum ada satupun Parpol yang bisa menentukan kapan akan mengumumkan pengusungan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang akan bertarung di Pilkada Merangin. PDIP misalnya, sebagai partai politik dengan suara terbanyak di DPRD sejauh ini baru akan menentukan Cakada yang diusung pada September 2017.

Dikatakan Sekretaris PDIP Merangin Agus Purnomo saat ini seluruh tahapan penjaringan Cakada yang dilakukan PDIP sudah memasuki tahap akhir. Bahkan ia menyebutkan kemungkinan akan mengumumkan Cakada yang diusung PDIP Merangin pada September 2017. PDIP memastikan jika sudah mengirimkan sebanyak 11 berkas Cakada ke DPP. Bahkan nantinya para Cakada tersebut kembali akan dilakukan fit dan proper test di DPP.

“Insya Allah, nanti di September sudah ada hitam diatas putih siapa yang akan diusung oleh PDIP Merangin di Pilkada nanti. Saat ini berkas penjaringan sudah sampai di DPP. Untuk tanggal pastinya itu kewenangan DPP. September nanti finalnya,” sebut Agus kemarin (10/8).

Selain itu, Partai Nasdem yang memiliki empat kursi di DPRD Merangin juga sedang memasuki tahap yang sama. Namun demikian, kali ini Nasdem hanya mengirimkan 9 berkas ke DPP dari 11 berkas yang masuk di penjaringan Cakada beberapa waktu lalu. Sebab diketahui pada saat sesi fit dan proper tes di DPW hanya ada 9 Cakada yang mengikutinya.

“Sejauh ini tahapan yang kita laksanakan sudah selesai tinggal lagi penentuan di tingkat DPP. Sesuai prosedur seluruh nama Cakada setelah mengikuti fit dan proper tes akan dipanggil ke DPP guna menyampaikan visi dan misi,” kata Sekretaris Tim Penjaringan DPD Nasdem Merangin, M Yani.

Menurutnya untuk penetapan Cakada yang akan diusung Nasdem, sesuai dengan tahapan seharusnya di Agustus sudah disampaikan. Tetapi hal itu kembali merupakan wewenang dari DPP Nasdem. Kemungkinan setelah dilakukan fit dan proper tes baru akan dilaksanakan survei, “Kemungkinan juga tidak semua Cakada yang dilakukan survei, sebab bisa saja Cakada yang dianggap DPP layak diusung itu yang akan disurvei. Kemungkinan bulan depan atau dua bulan kedepan,” jelasnya.

Sementara itu, terpisah Ketua DPD PAN Merangin Ahmad Kausari menyebutkan jika PAN belum bisa memastikan kapan dikeluarkannya rekomendasi dukungan di Pilkada Merangin. Sebab DPD PAN Merangin sampai saat ini belum mendapatkan instruksi dari DPW PAN Provinsi Jambi. Sebenarnya sebut Kausari, kemungkinan tahapan saat ini semua berkas sudah di DPW dan DPW akan meneruskan ke DPP. Selanjutnya baru akan dilakukan survei.

“Paling cepat kemungkinan tahapan ini akan menghabiskan waktu selama dua bulan. Dan mungkin kita akan mengeluarkan rekomendasi dari DPP dan DPW dua bulan sebelum pendaftaran calon ke KPUD Merangin,“ urainya.

Dipastikannya, jika DPD PAN Merangin mengirimkan sebanyak 8 berkas Cakada. Dimana dari berkas tersebut lima berkas untuk posisi Calon Bupati dan tiga berkas untuk posisi calon wakil bupati. “Semua sudah kita kirimkan ke DPW PAN Provinsi Jambi,” kata Kausari.

Namun baru Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang memastikan akan mengumumkan arah dukungan partai ke Cakada di Pilkada Merangin. Sebab sesuai dengan jadwal yang ditentukan maka Hanura akan mengumumkan dukungan pada 19 September 2017 nanti. Untuk saat ini, diungkapkan Ketua Tim Penjaringan Cakada Hanura Merangin Mansyur, saat ini ada lima berkas yang terus diproses oleh DPC, DPD dan DPP Hanura. Dimana saat ini berkas tersebut sudah berada di DPP Hanura.

“Lima berkas yang diproses di DPP Hanura. Nanti akan ada rekomendasi dari DPP ke DPD, termasuk sejumlah tahapan untuk survei yang akan dilakukan sebelum menentukan rekomendasi Calon yang diusung,” ungkapnya.

Selanjutnya, DPC Gerindra Merangin belum bisa memastikan kapan Gerindra menentukan calon yang akan diusung di Pilkada Merangin 2018 mendatang. Sebab saat ini dikatakan Ketua DPC Gerindra Merangin Isnedi pihaknya sudah mengirimkan berkas pasca penjaringan Cakada ke DPD Gerindra Provinsi Jambi. Dan saat ini DPD masih meneruskan berkas tersebut ke DPP Gerindra.

“Kita juga masih menunggu apa hasil dari rekomendasi dukungan. Kita juga belum mendapatkan informasi kapan akan melakukan penetapan Calon yang diusung Gerindra,” ungkapnya. (din)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

news stikes 01

undhari news