JoomlaLock.com All4Share.net

WEB M Alharis revisi

Calon Bawaslu Hadapi Tes Pertama
AWASI : Tim Seleksi Bawaslu ketika mengawasi jalannya tes tertulis Calon Bawaslu Provinsi Jambi./Ist

 

JAMBI - 69 calon Bawaslu Provinsi Jambi menjalani tes tahap pertama tertulis di kampus STIKOM Dinamika Bangsa kemarin (9/8). Pada tes tersebut, peserta tidak mengerjakan soal manual, melainkan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT).

Setiap 1 peserta difasilitasi satu komputer untuk menjawab soal yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara.Ketua Tim Seleksi Calon Bawaslu Provinsi Jambi, Anshorullah mengatakan jika tahap pertama ini ada 3 tes yakni seleksi tes tertulis, tes psikologi 1 dan tes kesehatan 1.

"Kamis sampai Jum’at dilakukan tes psikologi 1 dan kesehatan 1.Jadi masih ada dua tes lagi," ucapnya.

Dia juga menambahkan, bahwa seluruh tahapan ini nantinya akan disaring menjadi 12 besar. Setelah itu baru memasuki tahap kedua. Selain itu ia juga menghimbau kepada seluruh peserta tes untuk menyiapkan diri, jangan sampai kelelahan.

"Jangan kelelahan. Jangan stres. Tenang saja," katanya.

Untuk penilaian tes tahap pertama ini, memiliki bobot penilaian yang berbeda. Dan untuk penilaian paling besar terletak di tes-tes tertulis.

“Bobotnya 70 persen dari seluruh tes," sambungnya.

Sementara sisanya nanti direkap dari tes psikologi 1 dan kesehatan 1 serta ada kuriculum vitae. Termasuk pengalaman para peserta selama ini.

"Jadi nanti tes tertulis bobot 70 persen. 30 persen lain dari psikolog, kesehatan dan curiculum vitae. Nanti ini direkap,"katanya.

Setelah selesai direkap, rangkingakan ditetapkan sesuai dengan nilai tertinggi peserta tes. Bahkan untuk tes psikologi dan kesehatan juga diberikan ke tim seleksi berbentuk nilai.

"Inilah yang dirangking menjadi 12 besar. Artinya yang lolos 12 besar ini yang bisa ke tahap kedua," katanya.

Dikatakan Anshorullah mengenai penilaian tahap pertama ini bukanlah tim seleksi yang menantikan akan tetapi berdasarkan kemampuan peserta itu sendiri.

“Tahap kedua nanti, baru Timsel yang menilai,” ungkapnya.

Dalam tes tersebut, terlihat pimpinan Provinsi Jambi, Asnawi yang ikut tes disesi pertama. Asnawi memberikan apresiasi atas seleksi sistem CAT.

"Semua soal tentang perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu," katanya.

Tidak hanya Asnawi, Ketua KPU Bungo Dailami juga turut mengikuti tes tersebut. Dia mengatakan soal yang diberikan oleh panitia sangat bagus, hal itu dikarenakan soal terkait dengan undang-undang.

“Ya lumayanlah soalnya. Ada 150 item. Banyak tentang undang-undang," ucapnya sembari tertawa.

Mengenai kapan pengumuman hasil seleksi tahap pertama ini, Anshorullah mengatakan pihak panitia akan mengumumkannya pada 14 Agustus mendatang. Setelah selesai tes ini, pihaknya akan merekap nilai terlebih dahulu. Setelah itu baru akan melakukan pleno untuk memutuskan 12 besar berdasarkan nilai yang sudah ada.

"Insya Allah kalau jadwal pengumuman tanggal 14 Agustus ini," tandasnya. (nia/din)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

news stikes 01

undhari news