JoomlaLock.com All4Share.net
Pemerataan Guru Usai Rekrut CPNS
H Zubir

 

MERANGIN – Pemerataan guru di Kabupaten Merangin masih menjadi PR bagi Pemerintah Kabupaten Merangin. Pasalnya sejauh ini, pemerataan guru khususnya didaerah terpencil masih belum terealisasi sempurna.

Namun, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Merangin menyebutkan jika pemerataan guru masih menjadi program utama di tahun 2018. Hanya saja, hal itu baru bisa dilaksanakan setelah adanya pengangkatan CPNS di Merangin.

Kepala Disdibud Merangin H Zubir mengatakan visi untuk pemerataan guru sudah direncanakan untuk melengkapi jumlah guru didaerah terpencil. Hal ini akan dititik beratkan oleh guru baru. Dan untuk memecahkan permasalahan banyaknya guru yang terletak dikota.

“Kami punya rencana kedepan untuk memeratakan jumlah guru didaerah terpencil. Ini juga menjadi langkah mengurangi jumlah guru yang berlebih didaerah kota, khususnya pada guru mata pelajaran tingkat SMP,” jelasnya.

Dijelaskan, untuk perbandingkan jumlah guru output dan input saat ini tidak seimbang. Hal ini terlihat pada jumlah guru pensiun setiap tahun yangselalu meningkat. Sehingga kegiatan belajar mengajar disekolah kurang efisien.

“Keseimbangan jumlah guru pensiun setiap tahun lebih dari 50 orang. Sedangkan untuk jumlah guru PNS di Merangin sangat minim,” tuturnya.

Pasalnya jumlah guru PNS saat ini di Meranginhanya 2.707 orang. Pihaknya mengungkapkan jumlah guru yang dibutuhkan adalah 3.854. Jika angka itu terpenuhi maka semua sekolah di Merangin sudah memiliki kuota guru yang cukup.

“Guru PNS yang kita butuhkan saat ini sebanyak 1.147, maka dari itu kita bisa melakukan pemerataan guru setelah adanya penerimaan CPNS. Dan kita akan menempatkan tenaga guru itu ke sekolah yang benar-benar membutuhkkan,” pungkasnya. (mg01)

 

Bagikan ke Medsos !