JoomlaLock.com All4Share.net
Pondok Baca Pancing Minat Baca Siswa
BERSAMA : Para siswa di SMAN 7 Sarolangun ketika memanfaatkan fasilitas Pondok Baca

 

SAROLANGUN - Membaca salah adalah kunci untuk membuka dunia, dengan membaca kita akan tahu segala macam seluk beluk, hal-hal yang ada didalam dunia. Untuk itu, minat baca harus ditumbuhkan sejak dini, karena membaca menjadi salah satu hal yang penting terutama untuk mengetahui berbagai informasi penting yang hal belum ketahui.

Sebagai upaya meningkatkan minat baca siswanya, SMAN 7 Sarolangun, selain memiliki perpustakaan sekolah yang memadai, sejak tahun 2017 yang lalu memiliki tempat khusus untuk membaca yaitu Pondok Baca. "Siswa disarankan untuk duduk dan membaca pada jam kosong di Pondok Baca yang telah kita siapkan," ujar Kepsek SMAN 7 Merangin, Patimah Selasa (13/20).

Ditambahkannya, pemanfaatan Pondok Baca ini digunakan untuk mengisi waktu siswa apabila ada jam kosong, atau guru mata pelajaran yang bersangkutan sedang ada tugas lain. "Selain dapat menimba ilmu dan menambah wawasan siswa, pondok ini juga bisa meminimalisir siswa yang keluyuran saat jam sekolah berlangsung," jelasnya.

Disamping itu, adanya Pondok baca ini sejalan dengan Kementerian pendidikan dan kebudayaan, melalui Peraturan Menteri nomor 23 tahun 2013 meluncurkan sebuah gerakan literasi sekolah. "Gerakan literasi bertujuan untuk menumbuhkan sikap budi pekerti luhur kepada anak–anak melalui bahasa. Selain buku pelajaran, setiap anak di sekolah juga diwajibkan membaca buku pengetahuan umum." terangnya.(sin)

 

Bagikan ke Medsos !