JoomlaLock.com All4Share.net

master kop web

WEB M Alharis revisi

HUT SAROLANGUN 18

Mayat dalam Kubur Masih Bernafas Gegerkan Warga
Foto Ilustrasi IST

 

Video yang memperlihatkan warga sedang menggali kuburun di siang hari membuat geger masyarakat Telaga Baru, Kelurahan MB Hulu, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pasalnya mayat yang dimakamkan di dalam kubur itu ternyata masih hidup alias hanya mati suri.

Sebagaimana dilansir Laman Prokal (JawaPos Group), Senin (9/10) melaporkan, salah satu warga yang mendapat video menghebohkan itu adalah Amir. Dia mengaku mendapat video tersebut dari temannya asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Setelah itu, Amir menyebarkan video tersebut ke sejumlah temannya. ”Saya kira hanya video biasa, ternyata responsnya ramai juga. Awalnya, saya hanya dapat dari seorang teman dari Banjarmasin. Katanya video itu dari Banjarmasin. Bahasanya di video tersebut juga bahasa Banjar,” kata Amir, Minggu (8/10).

Dalam video berdurasi lebih dari tujuh menit itu terlihat puluhan warga menggali makam pria yang diduga mati suri. Salah satu orang tampak menggali makam menggunakan cangkul.

Sementara itu, beberaa orang lainnya membersihkan tanah bekas cangkulan. Warga lainnya menonton di pinggir makam sambil merekam menggunakan kamera seluler.

Setelah menggali, warga mengangkat mayat berkain kafan dari dalam kuburun itu. Semua warga terlihat kaget karena mayat itu ternyata masih bisa bernapas.

”Ceritanya, dikira sudah mati terus dikubur. Namun, setelah ada beberapa orang yang mendengar tangisan dari dalam kubur, mereka kemudian melapor ke keluarga jenazah dan menggalinya. Ternyata masih hidup dan diduga mati suri,” kata Amir.

Video yang baru disebar selama kurang dari 24 jam itu juga memantik reaksi dari kalangan ulama di Samuda. Yakni Ustaz Makky, pengasuh Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin di Jaya Karet, mengatakan, fenomena dalam video tersebut bukan sesuatu yang baru.

”Mati suri itu memang ada. Sebab, ini berkaitan dengan kekuasaan Allah tentang roh. Insyaallah, sepertinya hal ini sejalan dengan ilmu kedokteran kalau saya tidak salah,” katanya.

Makky menuturkan, di salah satu kitab Daqoiqul Ahbar, roh dibagi menjadi dua. Pertama, ruhul hayat (roh hidup) yakni ketika orang meninggal dunia, rohnya dicabut malaikat Izrail.

Sedangkan yang kedua adalah ruhul yaqodzoh (roh bangun), yakni ketika orang tidur, roh ini yang keluar.

”Pemahamannya, orang yang mati suri itu roh hayatnya masih ada. Yang tidak ada adalah roh yaqodzoh-nya. Roh yaqodzoh inilah yang bisa ditunjukkan oleh Allah bagaimana kehidupan alam setelah kehidupan di dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Samuda Ustaz KH Nuris mengatakan, fenomena mati suri dalam video itu bukanlah hal yang ajaib.

”Bahkan, orang yang sudah mati pun bisa dihidupkan. Dalam Alquran, mukjizat Nabi Isa AS dapat menghidupkan kembali yang sudah mati,” ujar Nuris.

(dms/jpg/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

adidas yeezy boost 350 v2 copper yeezy boost 350 v2 red copper green adidas yeezy boost 350 v2 colorways launch confirmed app today 4pm adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 white detailed look adidas yeezy boost 350 v2 zebra adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 black red release date update adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black friday 2016 adidas yeezy boost 350 v2 black copper yeezy boost 350 v2 black copper by1605 where to buy adidas yeezy 350 boost v2 black copper red green adidas yeezy boost 350 v2 black red new images adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black red where to buy adidas yeezy boost 350 v2 blackred adidas yeezy boost 350 v2 black red bred release date black red yeezy boost 350 v2 adidas yeezy 350 boost v2 glow in the dark