JoomlaLock.com All4Share.net
Fasilitas Pasar Type A Dikeluhkan

 

BANGKO – Fasilitas kios dan Toko di Pasar Type A Bangko yang telah rampung dibangun Pemerintah Kabupaten mulai ditempati pedagang. Dipastikan jika dilokasi ini akan ditempati para pedagang yang berjualan daging, ikan dan lainnya.

Pantauan Bangko Independent, Rabu (14/2) dilokasi Pasar Type A, toko dan kios yang dibangun terlihat rapi. Beberapa pedagang terlihat mulai membersihkan lokasi berjualan yang akan mereka tempati.

02 IMG 20180214 WA0020

“Saya menempati tuko disini, karena tempat saya berjualan dulu telah dirobohkan, karena akan dibangun tempat yang baru ini,” kata salah satu pedagang pecah belah.

Dia mengatakan, hingga saat ini ia belum mengetahui apakah fasilitas yang ditempatinya disewakan atau hanya membayar retribusi saja.         “Berapa kami harus bayar belum ada dijelaskan. Tapi kami akan menempati tuko ini. Biasanya bayar untuk jangka satu tahun itu sudah lengkap semuanya termasuk untuk biaya kebersihan,” sebutnya.

Namun lanjutnya, terkait bangunan yang baru selesai ini mereka mengaku tidak begitu puas. Pasalnya, toko yang dibangun untuk pedagang campuran ruangnya sangat kecil dan sempit. “Keluhan kami itu, tokonya kecil-kecil. Sangat sempit untuk barang dagangan kami. Cubo lihat sendiri. Kalau dibanding dengan toko kami sebelumnya itu sangat jauh, ni baru separo barang dagangan. Rencana kita akan menambah lebar lokasi ini,” keluhnya.

Ia mengatakan, untuk ukuran terbesar saja, tuko yang dibangun hanya 2 x 2,5 M. Namun meski kecil dia mengaku tetap akan menempatinya. "Ya mau tidak mau, walaupun kecil ya kita tempati juga. Kawan yang lain malah ada yang lebih kecil lagi dari kami,” tuturnya.

02 IMG 20180214 WA0019

Terkait keluhan pedagang ini, Kadis Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Merangin, Junaidi belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi melalui nomor teleponnya meski bernada aktif, tapi tak menanggapi panggilan.

Semenara itu Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Thoher mengatakan, bahwa Pasar Type A itu akan segera ditempati. Ia mengatakan, pasar tersebut diperuntukkan untuk pedagang daging dan ikan.

"Untuk kios-kios ditempat pedagang ikan dan daging. Sementara Toko untuk pedagang campuran. Tadi pihak kita sudah rapat, dalam rapat tadi juga di hadiri pihak Pol PP. Namun dalam satu dua hari ini bangunan itu akan ditempati,” ujarnya.

Saat Disinggung apakah kios dan toko di pasar tersebut disewakan kepada pedangang. Thoher menyebutkan, bahwa kios dan ruko tersebut tidak disewakan. "Tidak disewakan, namun pedagang yang menempati toko dan kios tersebut hanya membayar retribusi saja,” pungkasnya. (mg02)

 

Bagikan ke Medsos !