JoomlaLock.com All4Share.net

master kop web

WEB M Alharis revisi

Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Ditargetkan 7,9 Persen
Menteri Dalam Negeri memukul gong tanda dibukanya Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatra yang diadakan di Swisbell Hotel kemarin (9/10).

 

Provinsi Jambi menjadi tuan rumah pelaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatra yang diadakan di Swisbell Hotel kemarin (9/10). Gubernur Jambi Zumi Zola  berharap agar rapat koordinasi gubernur se-Sumatera mendorong percepatan pembangunan di wilayah Sumatera, untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing daerah, yang selanjutnya akan turut meningkatkan perekonomian nasional Indonesia. 

Zola mengatakan, percepatan pembangunan di wilayah Sumatera khususnya pembangunan infrastruktur merupakan hal yang mendesak untuk dilaksanakan. Mengingat wilayah Sumatera merupakan pusat kegiatan ekonomi terbesar kedua setelah Pulau Jawa. Jika infrastruktur dasar wilayah Sumatera telah tersedia dengan baik, maka secara bertahap investasi yang selama ini hanya terpusat di wilayah Jawa, sebagian akan bergeser ke wilayah Sumatera.

 “Berbicara tentang kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Sumatera terhadap PDB Nasional, Pulau Sumatera harus diperhitungkan secara nasional. Mengingat Pulau Sumatera merupakan pulau kedua terbesar setelah Pulau Jawa, yang pada tahun 2016 memberikan kontribusi 22,03 persen, dan pada tahun 2019 ditargetkan dalam RPJMN 2014–2019 berkontribusi 24,6 persen terhadap PDB Nasional,” ujar Zola.

Zola mengungkapkan, pencapaian target PDB tersebut tidaklah mudah, jika melihat angka pertumbuhan ekonomi Sumatera pada tahun 2016 sebesar 4,29 persen, jauh dari yang ditargetkan dalam RPJMN 6,2 persen. Pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Sumatera ditargetkan 7,9 persen. Kerjasama antara daerah se-Sumatera diharapkan turut membantu mencapai target tersebut.

“Peningkatan peran swasta mempunyai peran utama dan penting dalam pembangunan ekonomi. Terutama dalam peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja dan percepatan inovasi teknologi,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo saat memberikan pemaparan mengharapkan adanya peran yang sangat aktif dari seluruh Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan pambangunan. Termasuk dalam pembebasan lahan untuk pembangunan infrastrukur.

Mendagri mengungkapkan, untuk Tahun Anggaran 2018, pembangunan di Sumatera juga harus fokus pada pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan mengurangi ketimpangan antar wilayah. “Dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan, gubernur harus melakukan meningkatkan penerapan e-plannging dan e-budgeting, e-Samsat, dan harus menata perizinan yang berbasis IT,” katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, tantangan pembangunan nasional adalah daya saing. “Apa yang kita lakukan saat ini, apa yang kita bangun bukan untuk mewah, tetapi untuk mengejer ketertinggalan kita,” ujar Menteri PUPR.

Basuki mengatakan, dengan gencarnya pembangunan infrastruktur akhir-akhir ini dan dengan berbagai upaya pembangunan lainnya, peringkat daya saing Indonesia meningkat menjadi peringkat ke-52 dari sebelumnya peringkat 62. Di Sumatera, kata Basuki, KementeriaN PUPR mendukung 17 kawasan industri dengan pembangunan jalan, air minum, perumahan. “Selain itu, mendukung pembangunan kawasan pariwisata strategis nasional,” tambah Basuki. (enn/viz/ira)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

adidas yeezy boost 350 v2 copper yeezy boost 350 v2 red copper green adidas yeezy boost 350 v2 colorways launch confirmed app today 4pm adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 white detailed look adidas yeezy boost 350 v2 zebra adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 black red release date update adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black friday 2016 adidas yeezy boost 350 v2 black copper yeezy boost 350 v2 black copper by1605 where to buy adidas yeezy 350 boost v2 black copper red green adidas yeezy boost 350 v2 black red new images adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black red where to buy adidas yeezy boost 350 v2 blackred adidas yeezy boost 350 v2 black red bred release date black red yeezy boost 350 v2 adidas yeezy 350 boost v2 glow in the dark