JoomlaLock.com All4Share.net

master kop web

WEB M Alharis revisi

Anak SAD Lulus Tes Polisi
Para calon Bintara Polri yang dinyatakan lulus. Mereka kini sedang menjalani pendidikan, selama enam bulan ke depan. / ist

 

Semua orang berhak mendapat pendidikan. Semua orang berhak mendapat kesempatan. Ini terbukti pada penerimaan calon Bintara Polri Tahun 2017. Adalah Reza Saputra yang mendaftar dari Polresa Jambi.

Dia berasal dari keluarga kurang mampu. Abdul Gani, ayah Reza, sehari-hari bekerja sebagai kuli panggul. Kata Gani, selama tahapan seleksi penerimaan dia tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

“Sayo ni buruh. Macam mano nak ngasi duit sayo be cuma buruh,” kata Gani usai sidang kelulusan anaknya. Ada juga perwakilan Suku Anak Dalam (SAD), Fikri.

Awalnya katanya, dia mencoba untuk daftar. Memang sebelumnya dia pernah mendengar kalau mau masuk polisi harus membayar sejumlah uang. “Selama tes sayo dak dipungut uang. Jadi warga SAD juga bisa bersaing,” katanya bangga.

Tahapan penerimaan calon Bintara Polri Tahun 2017 di Panitia Daerah (Panda) Polda Jambi selesai sudah. Sebanyak 159 calon Bintara umum pria ini, Minggu (6/8) lalu mulai menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi.

Sementara, sembilan calon Bintara wanita menjalani pendidikan di Sepolwan, Jakarta. Kemudian calon Bintara khusus Teknologi Informasi (TI) akan menjalani pendidikan di SPN Polda Jawa Barat.

Ratusan calon Bintara ini dinyatakan lolos dan terpilih dalam Sidang Kelulusan Akhir Seleksi Penerimaan Calon Bintara Polri 2017 Panda Polda Jambi, Sabtu (5/8) lalu, di Abadi Convention Center.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjend Pol Priyo Widyanto, melalui Wakapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haydar, mengatakan mereka yang terpilih adalah yang mampu ikut pendidikan dan bisa menjadi anggota Polri.

Sebelum pengumuman kelulusan, ratusan calon Bintara Polri ini mengikuti supervisi dari Mabes Polri. Ini untuk mengecek apakah seluruh tahapan penerimaan ini berjalan atau tidak.

Secara umun seluruh tahapan berjalan baik dan sudah sesuai mekanisme yang ditetapkan Mabes Polri. Bagi yang terpilih, kata dia, siapkan diri untuk ikut pendidikan agar bisa menjadi anggota Polri sesuai harapan yakni mampu mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat.

Karo SDM Polda Jambi Kombes Anthony Agustinus menambahkan, selama proses seleksi, panitia daerah tidak ada kebijakan menentukan persyaratan. Menurutnya, semua aturan berasal dari Mabes Polri.

Menurutnya, calon Bintara umum yang mengikuti sidang kelulusan berjumlah 202 pria dan 10 wanita. Sedangkan untuk Bintara TI yang ikut sidang kelulusan sebanyak 3 orang.

Hasil sidang kelulusan akhir seleksi penerimaan calon Bintara Polri 2017 Panda Polda Jambi, adalah 159 pria dan 9 wanita dinyatakan lolos dan terpilih. Soal kuota kata dia, adalah ketentuan pusat. Panitia daerah tidak ada wewenang. Mereka hanya mendukung pelaksanaan. (rib)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

news stikes 01

undhari news