JoomlaLock.com All4Share.net
Jangan Keliru! Ini 10 Mitos yang Salah Seputar Diet
Ilustrasi makan sehat untuk diet. (Istimewa)

 

Kaum hawa begitu bersemangat ingin langsing. Karena begitu merindukan bobot tubuh ideal, tak jarang perempuan melakukan diet dengan salah kaprah.

Kegemukan memang menghantui siapa saja saat ini di era modern. Akibatnya lemak di pipi, paha, pinggang, dan perut menumpuk. Penampilan pun jadi tidak menarik lagi.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (11/2), ada 10 mitos yang menimbulkan salah paham di masyarakat seputar diet. Kesalahpahaman itu seringkali diunggah di media sosial sehingga membuat pola pikir yang salah. Apa saja?

1. Karbohidrat Bikin Gemuk
Sebenarnya, karbohidrat bisa terdiri dari dua jenis yakni sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana mengandung gula dan lemak jenuh, sedangkan kompleks justru sebaliknya. Buah dan sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat justru bisa membantu dalam menjaga berat badan dan membantu menurunkan berat badan.

2. Semakin Lama Beraktivitas, Semakin Cepat Menurunkan Berat Badan
Memang benar bahwa dengan menjalani olahraga yang ketat dan sesi latihan yang berat, bisa saja kehilangan berat badan dengan cepat. Sebetulnya bukan waktu yang menjadi indikator, tetapi bobot latihan yang ditambah untuk menurunkan berat badan.

3. Pola Makan Ekstra Ketat
Jika berniat ingin diet artinya wajib menjaga keseimbangan semua nutrisi. Kurangnya nutrisi bisa membuat seseorang lemah.

4. Melewatkan Jam Makan
Melewatkan waktu makan adalah masalah utama. Banyak orang salah paham dengan tidak makan maka akan membakar lemak. Tetapi pola pikir ini salah, justru dengan melewatkan jam makan, tingkat metabolisme tubuh melambat.  Akibatnya bukannya membakar lemak, justru akan lebih banyak menyimpan lemak.

5. Miskonsepsi Soal Vegetarian
Banyak orang percaya bahwa dengan mengubah diri menjadi vegetarian, mereka dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Tapi perlu ingat bahwa makanan yang dikonsumsi tetap perlu memerhatikan kalori.

6. Daging Bisa Membuat Gemuk
Daging adalah sumber protein yang baik, dan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, bisa membantu menurunkan berat badan. Daging juga meningkatkan otot dan membantu membakar lemak. Tapi konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

7. Metabolisme Buruk Tak Bisa Diperbaiki
Banyak orang memiliki kesalahpahaman bahwa orang-orang yang menderita metabolisme yang buruk tidak dapat disembuhkan dengan berolahraga. Nah, justru sebaliknya. Seseorang dapat memperbaiki tingkat metabolisme tubuhnya lebih baik dengan melakukan latihan setiap hari.

8. Minum Air Untuk Menurunkan Berat Badan
Air adalah kebutuhan bagi tubuh. Sebab, 60 persen tubuh kita terdiri dari air. Tapi jika air bisa menyebabkan penurunan berat badan hal itu salah. Sebab, dengan banyak minum air, tubuh tetap terhidrasi dan membuat seseorang lebih kenyang tapi tidak mengurangi kalori apapun dengan sendirinya.

9. Angkat Besi Apakah Hanya Untuk Binaragawan?
Setiap orang boleh mengangkat beban. Cara itu akan memperkuat otot dan akan membakar lemak serta kalori yang tersimpan.

10. Makan Larut Malam Bisa Bikin Gemuk
Jika terbangun di tengah malam dan mengemil kue kering, pastinya akan menambah berat badan. Tapi sebaliknya, jika konsumsi makanan yang sehat seperti susu skim, maka tidak hanya akan memuaskan rasa lapar tapi juga mencegah terjadinya penambahan berat badan.

(ika/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !