JoomlaLock.com All4Share.net
Ini Penemuan Canggih untuk Obati Penyakit Paru-paru
Ilustrasi Paru-paru (Reuters)

 

Tongji University di Tiongkok membuat terobosan besar untuk mengobati penyakit paru-paru dengan memperbaiki jaringan melalui transplantasi sel punca, atau dikenal sebagai sumsum tulang belakang.

Terapi regeneratif bekerja dengan mengambil sel induk dari saluran nafas pasien dan menumbuhkannya berkali-kali sebelum masuk ke paru-paru pasien.

"Penyakit paru-paru telah menjadi pembunuh ketiga setelah penyakit kardiovaskular dan kanker. Metode tradisional tidak bekerja secara efektif dalam hal itu," kata Profesor Tongji University Zuo Wei, yang memimpin tim peneliti.

Terapi regeneratif berbasis sel induk menggunakan sel pasien sendiri sebab ini merupakan harapan terbesar bagi pasien penyakit paru-paru. Terapi ini dapat digunakan untuk penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik, bronkiektasis, dan penyakit paru interstisial.

Tim tersebut bekerja sama dengan Shanghai East Hospital. Terapi tersebut terbukti efektif dalam perbaikan jaringan paru setelah digunakan pada enam pasien di rumah sakit yang menderita penyakit paru interstisial. Puluhan sel punca diambil ke saluran pernafasan mereka dan bertambah puluhan juta kali.

Sel-sel itu kemudian dipindahkan ke paru-paru pasien. Sel induk berkembang menjadi struktur alveoli dan bronkus baru, memperbaiki dan mengganti bagian yang cedera.

Selain itu, dua pasien yang menderita bronkiektasis mengatakan mereka telah terbebas dari gejala yang mereka sering hadapi termasuk batuk dan asma.

Teknik ini adalah yang pertama di dunia. Proyek penelitian ini telah disetujui oleh Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional Tiongkok dan Badan Pengawasan Makanan dan Obat Tiongkok.

(iml/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !