JoomlaLock.com All4Share.net
Wabup Buka Sosialisasi Pengembangan BUMDes
BERSAMA : Kepala Otoritas Jasa Keuangan bersama pihak PMD dan Camat serta BPD dan Kades usai mengikuti sosialisasi Pengembangan BUMDes.

 

SAROLANGUN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sarolangun bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jambi Cabang Sarolangun, melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan layanan Laku Pandai, di ruang pola kantor Bupati Sarolangun, Rabu (14/2).

           Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun, Hillalatil Badri ini dihadiri Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sarolangun. Juga hadir Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kantor Perwakilan Jambi, Endang Nuryadin, dan Kepala Askrindo Cabang Jambi, M Amin.

Wabup Sarolangun, Hillalatil Badri dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sarolangun sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pengembangan BUMDes. Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat dalam mempercepat laju pembangunan Kabupaten Sarolangun, khususnya di bidang perekonomian daerah.

“Kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan saat ini tidak dapat dipungkiri lagi, baik masyarakat yang ada di Kota Sarolangun maupun di setiap Desa,” ungkapnya, Rabu (14/2).

Program Laku Pandai ini merupakan program dari OJK untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank, red). Konsep sederhana Laku Pandai adalah pemilihan dan pelatihan kepada nasabah yang dipilih oleh Bank Laku Pandai menjadi agen-agen penyedia layanan.

“Dengan adanya program Laku Pandai, saya berharap ke depan tidak ada lagi masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya,” terang mantan anggota DPRD Provinsi Jambi ini.

Dalam Permendesa Nomor 4 tahun 2015, Pemerintah Pusat menekankan pembentukan dan optimalisasi BUMDes. “Saya menghimbau kepada Kepala Desa agar Desa yang belum memiliki BUMDes untuk segera dibentuk dan Desa yang sudah mempunyai BUMDes agar terus dikembangkan dan dioptimalkan fungsinya,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun, Farida mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut Bank Jambi telah merencanakan beberapa inisiatif strategis yang difokuskan untuk membuka akses keuangan pada masyarakat pedesaan dan daerah terpencil. Salah satunya memperluas layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang biasa disebut Laku Pandai.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Jambi berniat untuk bekerja sama dengan BUMDes sebagai penghubung antara Bank Jambi dengan masyarakat pedesaan,” katanya.

Kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong BUMDes sebagai wadah layanan keuangan di Desa dan BUMDes akan semakin berperan dalam menggerakkan perekonomian pedesaan. Sekedar diketahui, tahun 2018 ini Bank Jambi berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat serta berperan aktif meningkatkan perekonomian daerah. (skm)

 

Bagikan ke Medsos !