JoomlaLock.com All4Share.net

master kop web

WEB M Alharis revisi

HUT SAROLANGUN 18

Baznas Sasar Perusahaan
Ilustrasi Foto Ist

 

Muarabungo- Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) Kabupaten Bungo baru saja dibentuk Januari 2017 lalu. Meski demikian, Baznas sudah memberikan konstribusi nyata untuk membantu Pembangunan Kabupaten Bungo.

Dengan anggaran yang masuk rata-rata Rp 200 juta per bulan, Baznas sudah menjalankan empat program andalan. Yaitu Program Bungo Sehat, Bungo Pintar, Bungo Sejahtera dan Bungo Religi. “Melalui empat program inilah Baznas menyalurkan zakat kepada warga,” kata Sulaiman Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Bungo.

Di bidang program Bungo Sehat, Baznas katanya berusaha ikut membantu masyarakat berekonomi lemah di bidang kesehatan. Yaitu kalau ada warga yang terlantar, tidak bisa berobat karena tidak memiliki biaya, Baznas bisa membantu. Dan itu katanya sudah mulai berjalan selama ini.
“Jadi kalau ada yang tidak tertampung oleh BPJS. Sementara dia sakit butuh pengobatan, tidak memiliki biaya, baznas bisa bantu,” ungkap Sulaiman.

Lalu juga ada program beasiswa bagi warga tak mampu di program Bungo Pintar. Tapi itu sesuai dengan kemampuan Baznas, dan warga yang dibantu itu betul-betul membutuhkan.

Selain itu di Bidang Bungo Sejahtera, Baznas juga ada program membantu modal bagi warga yang membutuhkan usaha. Misalnya, selama ini kata Sulaiman warga tak mampu itu terpaksa meminjam uang dengan rentenir dengan bunga besar untuk modal, baznas berusaha memberikan bantuan modal supaya tidak lagi tergantung dengan rentenir.

 “Dalam hal ini tergantung kebutuhan, kalau sudah punya lapak, pedagang kurang mampu itu kita bantu modal. Tapi kalau tidak punya modal dan lapak juga bisa dibantu lapak dan modal, tapi betul-betul yang membutuhkan ,” sambung Sulaiman.

Termasuk ikut membantu warga yang mebutuhkan rumah tinggal bila terjadi musibah. Seperti kebakaran dan musibah lainnya.
Kemudian di bidang religi, Baznas juga membantu pembinaan para kafilah.

Dan itu sambung Sulaiman juga sudah berjalan selama ini.
Meski program sudah berjalan, Baznas mengakui jumlah zakat yang terkumpul masih jauh dari kebutuhan warga Bungo. Selama ini yang sudah rtin katanya baru kalangan pegawai negeri sipil(PNS) dan baru terkumpul rata-rata Rp 200 juta per bulan.

Sementara potensi zakat yang ada di Bungo jauh lebih besar dari itu, terutama di perusahaan. Maka pihaknya berharap kesadaran pihak perusahaan ikut berzakat sesuai dengan syariat ke Baznas Kabupaten Bungo. Dengan demikian katanya perusahaan itu sudah ikut membantu pembangunan Kabupaten Bungo.

“Target kita kedepan adalah perusahaan. Perusahaan yang potensinya besar, tapi yang berzakat ke Baznas masih sedikit. Makanya kita akan sosialisasi terus soal ini,” pungkasnya.(slt)

 

Bagikan ke Medsos !

bannerbaru

adidas yeezy boost 350 v2 copper yeezy boost 350 v2 red copper green adidas yeezy boost 350 v2 colorways launch confirmed app today 4pm adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 white detailed look adidas yeezy boost 350 v2 zebra adidas yeezy boost 350 v2 adidas yeezy boost 350 v2 black red release date update adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black friday 2016 adidas yeezy boost 350 v2 black copper yeezy boost 350 v2 black copper by1605 where to buy adidas yeezy 350 boost v2 black copper red green adidas yeezy boost 350 v2 black red new images adidas yeezy boost 350 v2 black red adidas yeezy boost 350 v2 black red where to buy adidas yeezy boost 350 v2 blackred adidas yeezy boost 350 v2 black red bred release date black red yeezy boost 350 v2 adidas yeezy 350 boost v2 glow in the dark