JoomlaLock.com All4Share.net
Merak: Sepeda Listrik Ala Skuter Matik
Sepintas, selis Merak mirip seperti skutik. Kendaraan ini ditenagai 6 buah aki 12 Volt, 20 AH (Teguh Jiwa Brata)

 

Kendaraan ini bisa menghemat biaya operasional  Anda. Bukan lantaran hanya karena tidak butuh asupan BBM. Sepeda listrik mirip sepeda motor ini juga tidak memerlukan STNK dan BPKB. Jadi Anda tak perlu repot-repot melakukan perpanjangan surat-surat tersebut pun enggak pakai acara bayar pajak pula.

Sepeda listrik mirip skuter matik ini dipajang di ajang GIIAS 2017 di ICE, BSD, Tangerang, Jawa Barat. Sepeda ini bisa melaju dalam kecepatan 90 km / jam. Sehingga meskipun pengendaranya tidak diwajibkan memiliki SIM, namun disarankan sepeda ini dikendarai oleh orang yang mahir bersepeda motor, atau yang mengantongi SIM.

Sepintas, selis Merak mirip seperti skutik. Kendaraan ini ditenagai 6 buah aki 12 Volt, 20 AH. Dirangkai secara paralel. Menurut penuturan Eko, tim marketing  Selis, Merak mampu menempuh jarak 60 km untuk sekali pengisian aki. Di bagian stang atau handle bar sebelah kanan Anda dapat menemukan 3 tombol kecepatan.  Speed 1 bisa digunakan untuk melaju hingga kecepatan 64 km / jam. Jika Anda ingin melaju lebih kencang lagi, tombol speed 2 bisa diaktifkan. Tombol ini memungkinkan Anda melaju pada kecepatan 84 km / jam. Kemudian ketika Anda mengoperasikan top speed 3, sepeda listrik ini bisa melesat dalam kecepatan 92 km / jam.

Sama seperti sepeda motor dan skuter matik pada umumnya, selis ini juga dibekali dengan lampu depan jauh dan dekat, lampu belakang, lampu sign atau riting. Sebagai sarana pengaman, sepeda listrik ini memiliki kunci stang. Sama persis kunci yang diaplikasikan pada skuter matik. Agar takmudah dibobol pencuri, kunci dilengkapi dengan pelindung atau penutup.

Jika Anda, ingin menghidupkan mesin jarak jauh, tinggal pencet remote. Tak hanya itu, remote ini pun dilengkapi dengan alarm, serta sarana pelacak untuk mengetahui keberadaannya di lahan parkir yang luas.

Sosok modern lain yang menempel pada kendaraan ini yaitu, panel kecepatan dan indikator catu daya yang telah menerapkan teknologi digital. Jika sepeda motor modern dilengkapi dengan ECU, Selis Merak punya MCB yang berada di bawah jok. Jika rangkaian elektronik ini dimatikan, maka seluruh sistem kelistrikan akan mati pula.

Perawatan runtin, yaitu mengganti baterai setiap 1 tahun sekali. “Itupun tergantung pemakaian. Jika setiap hari dikendarai untuk keperluan kendaraan harian, maka disarankan baterai diganti setiap 1 tahun sekali,” tutur Eko

(tjb/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !