JoomlaLock.com All4Share.net
RI Gandeng Jepang Bangun Terowongan di Tol Padang-Pekanbaru
Presiden Jokowi resmikan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru

 

Indonesia bekerja sama dengan Jepang dalam membangun infrastruktur. Salah satunya, pembangunan terowongan terpanjang di Indonesia yang dibangun di Jalan Tol Padang-Pekanbaru.

"Kerja sama pembangunan terowongan di Jalan Tol Padang-Pekanbaru akan menjadi pilot project yang selanjutnya dapat dikembangkan kerjasama di masa mendatang. Demikian juga dengan pengalaman panjang Jepang dalam perbaikan bendungan yang umur fungsinya telah mencapai lebih dari 50 tahun, akan sangat membantu," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti di Jakarta, Rabu (14/2).

Dia menambahkan, nantinya akan ada kerja sama dalam membangun Jalan Nasional menuju Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban dan Sistem Pengolahan Limbah Terpusat DKI Jakarta (Jakarta Sewerage System). Selain itu, pemerintah juga bekerja sama mengenai pemeliharaan bendungan, bidang jalan tentang teknologi terowongan dan mitigasi resiko bencana terhadap jembatan bentang panjang, dan bidang pengelolaan air limbah.

Lalu pada bidang perumahan, peran sektor swasta dalam Program Satu Juta Rumah dan pengelolaan rumah susun sewa bagi MBR di kawasan perkotaan, dan bidang jasa konstruksi tentang pengembangan kontraktor umum menjadi kontraktor spesialis.

Anita menegaskan Indonesia dan Jepang sepakat untuk terus menjalin komunikasi yang erat melalui kesepakatan pelaksanaan Pertemuan Tingkat Tinggi keenam (HLM-6). Pertemuan tingkat tinggi ini merupakan agenda tahunan sejak September 2013 lalu, yang merupakan tindak lanjut dari Memorandum Kerjasama (MoC) periode 2016-2019 yang ditandatangani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri MLIT Keiichi Ishii pada 29 Desember 2016. (sab/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !