JoomlaLock.com All4Share.net
Di Sudan, KBRI Kenalkan Tari Rentak Besapih dari Jambi
Tari Rentak Besapih yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia di Sudan (KBRI Khartoum for JPC)

 

Dewan Persahabatan Bangsa-Bangsa Internasional Sudan menyelenggarakan kegiatan Festival Persahabatan Bangsa-Bangsa ke-4 di Khartoum, Sudan. Acara itu berlangsung satu minggu sejak Senin (5/2) hingga Sabtu (10/2). Acara itu diikuti oleh 86 negara, termasuk Indonesia. Menjadi momen untuk memperkenalkan budaya kepada orang-orang Sudan.

Dari acara yang dibuka langsung oleh Asisten Presiden Republik Sudan, H.E. Abdurrahman AlSadiq Al Mahdi itu, KBRI Khartoum mengenalkan budaya dan makanan khas Indonesia. Misalnya, seni tari Rentak Besapih yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia di Sudan. Itu adalah tarian yang berasal dari Provinsi Jambi.

Tari itu menggambarkan kerukunan dan persatuan masyarakat. Tarian ditampilkan untuk memberi gambaran kepada masyarakat Sudan terkait pentingnya kerukunan dan persatuan di tengah kemajemukan masyarkat. Selain itu, Selain tarian, KBRI Khartoum juga ikut ambil bagian pada pameran kebudayaan bangsa-bangsa.

Berbagai kerajinan tangan asli Indonesia seperti tas, baju batik, dompet, gantungan kunci, tempat tisu serta pernak pernik lainnya dipamerkan. KBRI Khartoum juga menyediakan camilan khas Indonesia yang bisa dicicipi oleh para pengunjung secara gratis.

’’Indonesia adalah bangsa yang besar. Sudan dan Indonesia adalah 2 bangsa yang tidak bisa dipisahkan hubungan eratnya. Keindahan alamnya luar biasa dan masyarakatnya sangat baik serta ramah,’’ ujar H.E. Abdurrahman Alsadiq Almahdi saat mengunjungi stand Indonesia

Pengunjung asal Bangladesh Sirajul Islam Siju menyampaikan kebahagiaannya dapat mengetahui Indonesia dan sangat ingin berkunjung ke Indonesia. “Saya sering membaca tentang Indonesia. Negara yang sangat indah dan kaya. Saya tidak percaya Indonesia memiliki pulau, suku dan bahasa sebanyak itu. Saya selalu ingin berkunjung ke Indonesia. Suatu saat saya pasti akan mengunjungi Indonesia,’’ paparnya.

(ina/JPC)

 

Bagikan ke Medsos !