JoomlaLock.com All4Share.net
Tiga Desa Normalisasikan Sungai
LEPAS : Bupati Merangin H Al Haris ketika melakukan pelepasan benih ikan di salah satu sungai di Merangin. Saat ini tiga desa di Kecamatan Tabir bakal melakukan kegiatan normalisasi sungai.

 

MERANGIN-Banjir yang seringkali menyambangi tiga desa di wilayah Kecamatan Tabir mulai diantisipasi. Bahkan tiga desa langganan banjir mulai dari Desa Buluran Panjang, Desa Tanjung Ilir dan Desa Lubuk Napal. Namun untuk mengatasi banjir yang melanda tiga desa tersebut, pihak desa melakukan normalisasi sungai yang ada di tiga desa tersebut.

Banjir yang kerap kali merendam tiga desa tersebut diakibatkan sering meluapnya air Sungai Pengedah yang mengaliri tiga desa tersebut. Kepala Desa Lubuk Napal, Sahroni Selasa (13/2) mengatakan jika normalisasi sungai itu akan dilakukan sepanjang 1 KM. Bahkan bukan hanya itu, saluran air dipemukiman warga juga dilakukan penataaan.

“Kalau musim penghujan bukan Sungai Tabir saja yang merendam rumah warga. Namun air dari Sungai Pengedah ini sering meluap kepermukiman warga. Bahkan kondisi sungai itu juga sudah dangkal, maka dari itu pihak kita dan warga sepakat melakukan normalisasi Sungai Pengedah tersebut,”kata pria yang akrab disapa Roni ini.

Lebih lanjut, pengerukan aliran Sungai Pengedah yang ada ditiga desa tersebut sudah disepakati masyarakat. Namun untuk pengerukan akan dilakukan dari Desa Beluran Panjang hingga ke Desa Lubuk Napal.

     “Pengerukan kita lakukan dari Desa Beluran Panjang hingga ke Desa Lubuk Napal. Insya Allah dengan dilakukan pengerukan sungai tersebut tiga desa ini tidak akan terkena banjir lagi,”ungkapnya.

Rencana pengerukan sungai ini, disambut positif oleh masyarakat Desa Lubuk Napal. Izak warga setempat mengatakan dengan dilakukannya pengerukan Sungai Pengedah yang mengaliri tiga desa tersebut, pemukiman warga tidak akan dilanda oleh banjir.

       “Kami sangat berterimakasih dengan apa yang dilakukan pihak desa untuk melakukan pengerukan Sungai Pengedah tersebut. Sebab hujan setengah hari saja,Sungai Pengedah sudah meluap dan merendam permukiman warga. Namun dengan dilakukanya pengerukan ini tidak lagi terjadi banjir. Kalau Sungai Tabir, jarang merendam rumah yang ada di tiga desa itu,”pungkasnya. (mg02)

 

Bagikan ke Medsos !